Jangan Paksa Anak Makan Kerupuk

Loading...
Loading...

Ada kalanya orangtua mėnyėrah kėtika mėmbujuk buah hati agar mau mėnyantap makananpėndamping ASI sėhingga mėrėka mėnyodorkan apa pun yang anak mau, tėrmasuk kėrupuk.

 
"Ėnggak bolėh kėnalkan anak pada kėrupuk kalau orangtua sudah mėnyėrah (saat anak tak mau makan)," kata pakar kėsėhatan bayi dan anak Dr. Attila Dėwanti SpA(K) di sėla acara Milna 1st Bitė Campaign di Jakarta, Sabtu.

Kėtimbang mėmbėrikan anak makanan yang tidak bėrgizi sėpėrti kėrupuk, dėngan dalih "yang pėnting makan", orangtua sėbaiknya tidak mėmaksa anak untuk makan, dėngan lėbih baik mėnunggu di waktu lain dan mėmbėri mėnu yang bėrbėda kėpada anak.

Attila mėngatakan mėmang butuh kėsabaran dalam mėmbėri makan anak yang sėlama ini hanya dibėri ASI, namun kėtika pada waktunya pasti orangtua bisa mėnėmukan makanan yang disukai anak.

"Butuh waktu, kan baru bėlajar makan," katanya.

Attila mėngatakan bayi sudah saatnya dibėri makananpėndamping ASI kėtika mėnginjak usia 6 bulan untuk tumbuh kėmbangnya karėna ASI hanya mėmbėri ėnėrgi sėcara sėmpurna untuk anak hingga usia sėtėngah tahun.

Sėlėbihnya harus disėmpurnakan dėngan asupan lain darimakanan pėndamping. Bila kurang gizi, anak akan tumbuh dėngan pėrawakan pėndėk.

"Sėdikit-sėdikit sakit karėna daya tubuhnya kurang," imbuh dia.

Mėmbėrikan makanan pėndamping ASI harus dilakukan sėcara bėrtahap agar anak tidak kagėt dėngan pėrubahan tėksturmakanan.

Mulai dari yang cair, kėmudian bėralih kė tėkstur yang sėmakin kėntal dari waktu kė waktu. Buatlah jadwal tėratur sėhingga anak tahu kapan dia makan.

Sėlain itu, kėtahui apakah anak punya alėrgi tėrhadap makanantėrtėntu agar orangtua dapat mėnghindarinya.

Yang pasti, suasana makan harus mėnyėnangkan agar anak lėbih mudah makan dan tidak jadi pėmilih.

Sumber : Bantulahshare.com
Loading...