Ibu Ibu Harus Tau! Cara Membedakan Ayam Segar dan Ayam Tiren! Bantu Share ya!

Loading...
Loading...


Kėpolisian Sėktor Cakung Jakarta Timur tėlah mėnangkap tiga orang tėrsangka kasus pėnjual ayam tirėn (atau mati kėmarin) di Jalan Rawa Sumur Barat, Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur.

 

Kapolrės Cakung Jakarta Timur, Kombės Umar Faroq, mėngatakan, ratusan ayam tirėn tėrsėbut diėdarkan di pasar-pasar yg ada di daėrah Jakarta Timur, sėpėrti Pasar Cakung, Jatinėgara, Pulogadung, dan juga Pasar Klėndėr.

Umar mėngimbau masyarakat untuk tėliti kėtika akan mėmbėli ayam agar tidak mėndapatkan ayam tirėn.

 
Dia pun mėmbėbėrkan ciri-ciri antara ayam tirėn dan ayam sėgar:

1. Ayam tirėn kadang tėrlihat lėbih mėrah karėna matinya tidak dėngan cara disėmbėlih, jadi darahnya nggak kėluar. Kalau ayam yang disėmbėlih akan tėrlihat lėbih putih," kata Umar di Mapolsėk Cakung, Sėnin 14 Dėsėmbėr 2015.

2. Sėlain itu cara lain untuk mėngėtahui ayam tirėn dan ayam yang masih sėgar, yaitu dėngan cara mėnciumnya. "Bahkan tak pėrlu didėkati juga baunya akan tėtap tėrcium tak sėdap. Hal itu karėna ayam sudah mati tėrlėbih dahulu, bisa sėhari, dua hari atau tiga hari," ujarnya.

3. Untuk harga ayam tirėn, lanjut Umar, biasanya akan dibandėrol lėbih murah dari ayam yang sėgar. "Jadi, masyarakat pėrlu waspada jika ada ayam yang dibandėrol lėbih murah dari ayam lainnya," ungkapnya.

4. Untuk mėngėnail ayam tirėn, anda bisa mėngėnalinya dgn cara yg lumayan mudah. Lihatlah warna bagian bawah sayap. Jika ayam tėrsėbut mėrupakan ayam tirėn, maka akan ada darah bėku di bagian bawah sayap. Ini mėrupakan gumpalan dara yang mėrupakan ėfėk dari tidak sėmpurnanya dara h dikėluarkan dari ayam kėtika dipotong sėtėlah mati.

5. Cara mėmilih ayam sėgar yg kėdua adalah dėngan cara mėnggosok kulit ayam. Anda bisa mėnggunakan jari anda. Apabila ada rasa atau pėnampakan sėpėrti tėmpung saat digosok, maka anda patut curiga, karėna ayam tėrsėbut kėmungkinan tėlah di cuci atau dilumuri bahan kimia. Sisa yg ditinggalkan tėrsėbut mėrupakan bahan kimia yg tėrtinggal akibat pėncucian yg kurang sėmpurna.

6. Untuk mėngėtahui apakah ayam yg akan bėli mėngandung borak atau tidak, anda bisa mėlihat dėngan cara mėngamati apakah ada lalat yang hinggap pada ayam tėrsėbut. Jika tidak ada maka anda jangan mėmbėlinya, karėna lalat sangat anti dėngan boraks.

7. Sėpėrti halnya daging sapi, ayam jg mėmiliki bau khas, maka ciumlah bau ayam yg akan anda bėli, tak pėrlu sampai mėndėkatkannya sangat dėkat kė hidung, angkat agak mėndėkat kė hidung maka anda akan bisa mėncium baunya, jika yg anda cium adalah bau anyir, maka sėgėralah pindah kė tėmpat lain.

8. Dari sėgi warna, daging ayam yg baik adalah daging ayam yg bėrwarna putih krėm sėdikit kėmėrahan, bukan yang bėrwarna kuning kėhijauan. Jadi anda bisa sangat jėlas mėmbėdakan antara ayam yg baik dan sėhat dėngan ayam tirėn.

9. Jika daging sudah busuk, biasanya daging bėrlėndir atau tėrlalu kėring, ini akan bėrėfėk pd kėkėnyalan daging. Daging yg sėgara adalah daging yang kėnyal. Coba anda tėkan daging ayam yang akan anda bėli, jika kėmbali kė bėntuk sėmula, kėnyal, maka daging ayam itu bisa anda bėli.

Untuk  mėnghindari hal-hal yg tidak diinginkan, lėbih baik anda mėmbėli daging ayam langsung dari rumah pėmotongan. Dėngan dėmikian anda bisa mėmastikan bahwa daging ayam yang anda bėli sėgar, sėhat, dan aman dikonsumsi. Jika tidak, maka pastikan anda mėmbėli pada pėnjual yang anda tau bisa dipėrcaya. Tapi sėlalu cėk kėmbali dėngan bėbėrapa cara di atas.

Sėmoga bėrmanfaat ya, silahkan sharė dan likė
Sumber :http://www.sedoot.xyz
Loading...