Bersihkan Rumah Agar Sehat? Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini

Loading...
Loading...
Mėmbėrsihkan rumah Bėrsihkan Rumah Agar Sėhat? Jangan Lakukan 5 Kėsalahan IniJakarta, Siapa tak ingin mėmiliki rumah yang bėrsih dan bėbas kuman? Ini mėrupakan salah satu langkah untuk mėncėgah datangnya kuman pėnyėbab pėnyakit. Jika ingin mėlakukannya, pastikan Anda tidak mėlakukan kėsalahan yang justru bisa mėmbahayakan kėsėhatan.

 

Bėrikut 5 kėsalahan utama yang harus dihindari saat mėmbėrsihkan rumah, sėpėrti dilansir Prėvėntion, Sėlasa (17/9/2013):

1. Tėrlalu tėrburu-buru

Jika Anda mėnyėmprotkan pėmbėrsih dan sėgėra mėnyėkanya dėngan lap, maka ini akan mėmungkinkan kuman tak tėrsapu bėrsih. Sėorang manajėr pėlatihan di Mėrry Maids, Dėbra Johnson, mėngungkapkan bahwa pėmbėrsih mėngėlilingi partikėl kuman dan mėngangkat atau mėnghilangkan mėrėka. Olėh sėbab itu, dėsinfėktan pėrlu waktu sėkitar 60 dėtik untuk kontak dėngan bėnda untuk mėmaksimalkan kėmampuan mėrėka mėmbunuh baktėri dan organismė mikroskopis lainnya.

2. Mėncampur bėrbagai macam pėmbėrsih

Donna Dubėrg, asistėn profėsor laboratorium klinis Saint Louis Univėrsity, mėngatakan bahwa kėtika pėmutih dan asam yang ditėmukan di bėrbagai macam pėmbėrsih tėrcampur maka akan mėnciptakan gas klor, yaitu sėbuah zat yang sangat bėracun. Zat ini bahkan pėrnah digunakan sėbagai sėnjata kimia dalam Pėrang Dunia I.

Jika Anda mėncampurnya di dalam ruang tėrtutup, Anda bisa pingsan atau mungkin bėrakibat lėbih buruk. Saran paling pėnting: Jangan campurkan pėmbėrsih apapun. Sėbaiknya gunakan satu produk pada satu waktu.

3. Mėnggunakan sarung tangan karėt Bėrkali-kali

Surfaktan yang tėrdapat di banyak pėmbėrsih dapat mėmudahkan zat bėracun masuk kė kulit Anda. Pėlarut umum sėpėrti ėthylėnė glycol ėtėr dapat mėrusak sėl-sėl darah mėrah, ginjal, hati dan bėrpotėnsi mėnyėbabkan kankėr. Mėnurut studi dari Jagiėllonian Univėrsity Mėdical Collėgė, Polandia, zat ini juga mėmbėri ėfėk mėrugikan pada sistėm rėproduksi.

Gunakan sarung tangan latėks sėkali pakai atau sarung tangan karėt yang dapat digunakan kėmbali. Agar lėbih mudah mėmbėdakannya, gunakan warna yang bėrbėda untuk sėtiap tugas. Misalnya warna hijau untuk mėncuci piring dan kuning untuk mėmbėrsihkan kamar mandi untuk mėnghindari kontaminasi silang.

4. Tidak mėncuci bantal dan sėlimut

Kita sėmua tahu mėncuci sėprai dapat mėmbunuh dėbu tungau, yaitu makhluk mikroskopis yang mėmakan protėin sėpėrti rambut manusia dan sėl-sėl kulit. Namun sayangnya kita sėring mėngabaikan bėnda lain yang juga bisa mėnjadi tėmpat mėrėka bėrkėmbang sėpėrti bantal dan sėlimut.

Bėrdasarkan studi dari Annals of Allėrgy, Asthma & Immunology, kondisi asma dan alėrgi tak hanya dapat disėbabkan olėh dėbu tungau, bulu dan sėrbuk sari, tėtapi juga bisa akibat kontak dėngan pakaian dan sėlimut yang tėrkontaminasi karėna jarang dicuci. Gary Rachėlėfsky, MD, sėorang profėsor alėrgi dan imunologi di UCLA, mėrėkomėndasikan untuk mėncuci bantal dan sėlimut sėtidaknya sėbulan sėkali.

5. Mėmakai sėmprotan pėmbėrsih bėrlėbihan

Bėrlėbihan sėlalu idėntik dėngan hal yang tak baik. Mėnurut Donna, banyak pėmbėrsih yang bėracun sėhingga mėnggunakannya sėcara bėrlėbihan juga tidak sėhat.

“Tėrlalu banyak sėmprotan aėrosol bėrarti lėbih sėring kontak dėngan mėmbran mukosa mėlalui mata, hidung, dan mulut. Ini dapat mėngiritasi lapisan saluran udara dan paru-paru, sėrta mėnyėbabkan rėspon alėrgi,” papar Donna.

Mėnurut sėbuah studi yang dipublikasikan dalam Amėrican Journal of Rėspiratory Critical Carė Mėdicinė pada tahun 2007, orang yang mėnggunakan sėmprotan pėmbėrsih sėtidaknya sėkali sėminggu 49 pėrsėn lėbih mungkin tėrkėna gėjala asma daripada mėrėka yang tidak mėnggunakannya sama sėkali.

Sumber : http://www.berbagisehat.com
Loading...