Ini Hebatnya Jahe.....!!! Makanlah Jahe Mentah Setiap Hari, InsyaAllah Diabetes Pun Sembuh

Loading...
Loading...

Jahė (Zingibėr officinalė) tėlah sėjak lama dimanfatkan olėh orang-orang, baik sėbagai bumbu masak, bėragam minuman dan bahkan mėnyėmbuhkan bėrmacam pėnyakit. Sėbagai rėmpah-rėmpah, jahė mėmiliki k4ndung4n banyak ciri-ciri obat, banyak orang umum untuk konsumsi sėpotong jahė sėtiap pagi di waktu pėrut kosong. Pastinya, apabila anda alėrgi pada jahė jadi anda mėsti mėnghindari lakukan hal sėpėrti ini, karėna dapat mėngiritasi mulut dan dapat juga bikin pėrut tidak nyaman.

 

Tėtapi untuk orang lain, jahė mėmiliki banyak manfaat. Jahė di isi gingėrol dan shogaols yang dimaksud sėnyawa anti-inflamasi. Jahė juga mėmiliki k4ndung4n sėny4w4 yang bėrtindak mėlawan infėksi spėsifik.


Untuk mėnyėmbuhkan pėnyakit ringan tėrtėntu, jahė bisa bėkėrja lėbih baik dari pada banyak obat. Bahkan, jahė yakni obat tėrbaik untuk sakit tėnggorokan, kram waktu mėnstruasi, masalah pėncėrnaan, sėmbėlit, batuk dan pilėk.

Bėrikut adalah 8 manfaat mėmakan jahė mėntah :


1. Diabėtės

Sėbagian pasiėn diabėtės yang minum air jahė saat pagi hari sėbėlumnya minum atau makan apapun, mėrasakan kalau k4ndung4n gula d4r4hnya jadi stabil.

Satu pėnėlitian di Univėrsity of Sydnėy tėmukan kalau jahė mėmiliki kėkuatan untuk mėngontrol glukosa dalam d4r4h lėwat sėl otot. Ėkstrak jahė bisa mėningkatkan pėnyėrapan glukosa pada sėl otot dėngan cara indėpėndėn dari insulin.

2. Pėrėdaran d4r4h

Jahė baik untuk aliran d4r4h. Bėbėrapa orang mėmakai jahė dalam jumlah yang bėgitu kėcil untuk mėmijat bėbėrapa daėrah spėsifik untuk tingkatkan sirkulasi d4r4h.

Konsumsi jahė lėwat cara tėratur, dapat juga mėnolong mėmpėrlancar aliran d4r4h di dalam badan. Langkah mėngonsumsinya tidaklah susah, andacukup mėngambil air dari jahė itu atau mėnjadikan jahė ini sėbagai wėdang/sėduhan.

3. N4fsu makan

Apabila anda kunyah sėpotong jahė mėntah sėbėlum makan makanan, n4fsu makan akan bėrtambah.
Agėn aktif zingėronė yang ada pada jahė bisa jadi obat manjur untuk bėrmacam typė pėnyakit. Waktu anda alami masalah pėncėrnaan, jadi anda akan lėbih sėring mu4l. Hal itu tėntunya akan turunkan lėwat cara mėncolok n4fsu makan.

4. Sakit kėpala

Apabila anda mėndėrita migrain, cobalah untuk mėngobatinya dėngan jahė. Mėnggiling sėpotong kėcil jahė jadi pasta dan ėncėrkan dėngan air. Bėrikanlah pada dahi anda.

Diluar itu, minum air jahė dapat juga dipakai untuk obat nyėri sakit kėpala. Langkahnya, anda bisa mėnghancurkan jahė dan mėndidihkannya dėngan air. Lalu saring dan minum air jahė itu kėtika hangat, alhasil nyėri sakit kėpala anda pėrlahan bėrkurang.

5. Batuk

Rėbus sėpotong jahė di air dan bėrikanlah bėbėrapa tėtės lėmon dan madu. Air jahė mėmbėrsihkan sakit tėnggorokan, batuk dan bahkan hidung tėrhalang.

Jahė mėngandung zat anti-baktėri yang baik, bisa pula mėnghangatkan tubuh dan mėngobati batuk bėrdahak. Anda yang lagi tėngah alami batuk bėrdahak bėgitu dianjurkan untuk mėminum sari jahė hangat minimal sėhari sėkali. Langkah mėmbuatnya juga bėgitu mudah yakni dėngan mėngiris jahė dan kėncur, lantas dirėbus dan diambil air pėrasannya. Air pėrasannya itu yang diminum.

6. Sakit gigi

Mėmijat gusi anda dėngan sėpotong kėcil jahė dapat mėmpėringan sakit gigi. Anda bisa pula mėrėbus sėpotong jahė di air dan pakai lėwat cara bėrkumur-kumur. Jahė mėmiliki k4ndung4n yang bėrupa anti jamur dan anti baktėri.

7. Mėncėgah mu4l

Jahė mėmbantu mėnghindar mu4l dan munt4h. Studi mėngatakan bila jahė bisa mėrėdam sėnsasi mu4l, sampai bėgitu mėnolong mėngobati mu4l yang karėna morning sicknėss, m4buk laut, dan kėmotėrapi. Tėntang langkahnya yakni kunyahlah sėpotong jahė saat anda tėrasa mu4l.

8. Pėncėrnaan

Rėbus jahė di air dan kombinasi sėtėtės madu sėbėlumnya diminum. Obat ramuan jahė ini bisa tingkatkan pėncėrnaan.

Jahė bisa pula mėmbantu tingkatkan pėnyėrapan nutrisi, mėmėcah protėin, dan mėnolong sistėm pėncėrnaan. Tidak cuma itu, jahė juga bikin pėrlindungan pada luka pėrut, sampai mėnjauhkan sėmua typė pėrmasalahan pėrut.

9. Mėringankan nyėri h4!d

Jahė bisa pula mėmbantu mėrėdakan nyėri h4!d jika dikonsumsi kėtika awal m3nstru4s!. Manfaat mėmang ini tėlah di kėnal dan bisa mėngurangi kram pėrut dan kėmbung akibat m3nstru4s!.

Sumber : http://www.liputan6-kesehatan.com

Loading...