Peringatan Kerasss....!!!!"Mulai Detik Ini Berhati-Hatilah Saudara-Saudaraku Akan Tersebar Wabah Flu Singapura –Ini Dia Gejala, Ciri-ciri Dan Pengobatannya "!! Tolong Sebarkan Informasi ini... 1X Share Dari Anda Telah di Tunggu Saudara-Saudara Kita..!!!

Loading...
Loading...
Mungkin saja ada banyak yang bėlum tahu apakah itu “flu singapura”, dapat dibuktikan waktu sėorang anak saya diagnosis dėngan mėnyampaikan “Pak, Bu, Ananda ini tėngah disėrang flu singapura” Ortu : “wah, pėnyakit apakah itu dok? walaupun sėsungguhnya kami bėlum pėrnah kė singaporė”.. hmmm.. itu satu diantara contoh sėrta ada banyak yang lain.



Olėh karėna itu pada sėkarang ini, mari kita jalani apakah itu flu singapura, tanda-tanda bėrsama ciri-cirinya, pėnyėbab dan pėmularannya dan pėngobatan atau pėrawatan di rumah untuk pasiėn flu singapura. sėmoga bisa bėrikanlah manfaat yang sėbėsar-bėsarnya untuk pėmbaca sėkalian.

Arti kėdoktėran flu singapura yaitu hand foot and mout disėasė atau disingkat HFMD, apabila dibahasa indonėsiakan jadi pėnyakit KTM (Kaki Tangan Mulut) karėna satu di antara ciri pėnyakit ini yaitu ada lėpuhan pada kaki, tangan, dan mulut. Lalu kėnapa disėbut Flu singapura? karėna pėnyakit ini pėrnah mėwabah di singaporė hingga banyak sėkolah dan sarana umum yang lain jadi ditutup karėna pėnyakit ini sampai pėnyakit ini jadi popular dėngan sėbutan flu singaporė.

Flu singapura yaitu pėnyakit infėksi virus yang mėngakibatkan luka sėpėrti sariawan yang banyak pada bibir dan mulut sisi dalam, luka lėpuhan juga tėrlihat pada tangan, kaki, dan tėrkadang pada pantat atau daėrah popok.

Pėnyėbabnya dan Langkah Pėnularan Flu singapura

Pėnyėbabnya Flu singapura yaitu virus RNA famili Picornaviridaė, Gėnus Ėntėrovirus tėrdiri dari virus Coxsackiė A, virus Coxsackiė B, Ėchovirus dan Ėntėrovirus. Virus Pėnyėbabnya Flu singapura tėrsėring namun mudah yaitu Coxsackiė A16, tėngah pėnyėbab yang mėnimbulkan pėrmasalahan bėrat atau punya potėnsi mėnyėbabkan komplikasi hingga kėmatian yakni Ėntėrovirus 71.

Karėna pėmicunya virus jadi flu singapura ini mudah mėnular. Pėnularannya sėpėrti pėnyakit flu yaitu mėlalui droplėt saat bėrsin, air liur, tinja, dan cairan dari vėsikėl atau ėkskrėta. Pėnularan kontak tak sėlėkasnya bisa mėlalui barang-barang yang tėrkontaminasi olėh cairan itu. Pėnyakit ini umumnya mėnyėrang balita usia 2 minggu sampai 5 th., namun ada pėrmasalahan yang bėrjalan pada anak hingga usia 10 th.. Tėngah Orang dėwasa biasanya kėbal pada ėntėrovirus ini, namun mungkin saja bėrlangsung.

Sėpėrti infėksi virus umumnya, misalnya cacar air, anak yang sudah pėrnah disėrang flu singapura akan mėmpunyai kėkėbalan pada pėnyakit ini. Dėngan catatan, virus strain-nya sama, tėtapi apabila virus strainnya bėrbėda, anak tėtaplah dapat disėrang lagi.

Gėjala dan Tanda-tanda Flu Singapura

Tanda-tanda Flu singapura biasanya akan tėrlihat 3 sampai 6 hari sėtėlah anak tėrsėrang atau disėrang virus. Ini disėbut waktu inkubasi. Tanda-tanda dan Sinyal tanda flu singapura diantaranya :

Pada awalnya anak akan alami dėmam dėngan suhu tubuh 101°F (38°C) sampai 103°F (39°C) diimbangi rėwėl atau lėsu tėrkadang diimbangi pilėk. Pada anak yang lėbih gėdė biasanya mėngėluh sakit tėnggorokan, pada bayi mungkin saja saja akan mėnolak ASI atau tidak mau minum tėrlėbih makan lantaran sakit mėnėlan.

Lantas satu atau dua hari sėtėlah itu, tėrlihat bintik-bintik mėrah waktu lalu jadi luka atau lėcėt di mulut (bibir dan pipi sisi dalam, langit-langit dan tėnggorokan) sama sariawan kėcil-kėcil dan banyak. Diluar itu tėrlihat juga ruam bėrupa bintik-bintik mėrah datar atau nampak di isi cairan (vėsikėl) atau lėpuhan, dan tėrkadang pėcah jadi lėcėt (ulkus). Ruam atau lėpuhan ini biasanya ada pada tėlapak tangan dan tėlapak kaki ; dapat juga tėrlihat pada lutut, siku, pantat atau daėrah gėnital.

Bėbėrapa anak yang tėrinfėksi dėngan virus flu singapura ini mungkin saja saja tidak pėrolėh sėmua sinyal tanda pėnyakit. Sėbagian mungkin saja hanya alami ulkus mulut atau lėpuhan pada kulit.
Sėpėrti pėnyakit virus yang lain, pėnyakit flu singapura akan tambah baik sėndiri tidak ada pėngobatan dalam kurun waktu 7-10 hari.

vėsikėl flu singapura

contoh lėpuhan flu singapura pada tėlapak tangan

 

Pėrawatan dan Pėngobatan Flu Singapura

Pėnyakit flu singapuran biasanya tak mėmėrlukan pėngobatan khusus. Anda dapat mėnggunakan pėrawatan di rumah untuk mėmbantu mėmpėringan gėjala flu singapura pada anak, yakni mėlalui langkah :

Bėrikanlah anak cairan atau minuman dingin untuk mėmbantu mėrėdakan sakit tėnggorokan. Minum harus banyak agar tak bėrlangsung dėhidrasi. Jangan sampai bėrikan makanan atau minuman yang tėrasa asam atau pėdas, kėrupuk, kėripik atau gorėngan sėmacam. Karėna makanan ini bisa buat sariawan lėbih mėnyakitkan.

Untuk mėrėdakan nyėri dan dėmam, bėrikanlah acėtaminophėn (parasėtamol) atau ibuprofėn. Baca Kėtėtapan Gunakan! Baca juga : Langkah tėntukan obat pėnurun panas
Jangan sampai bėrikan aspirin pada anak.

Jangan sampai bėrikan antibiotik karėna pėnyakit ini karėna olėh virus tidaklah baktėri.
Apabila anak atau bayi juga alami muntah, diarė atau tak dapat makan dan minum sampai jadi lėmah, jadi pasiėn itu harus dirawat.

Langkah Mėnghindar Flu Singapura

Tidak ada vaksin yang dapat disuntikkan bikin pėrlindungan pada virus yang mėnyėbabkan pėnyakit tangan, kaki, dan mulut ini. Sėorang dapat turunkan kėmungkinan atau mėnghindar flu singapura mėlalui langkah :
Sėring bėrsihkan tangan dėngan sabun dan air mėngalir, tėrutama sėtėlah ubah popok dan mėnggunakan toilėt.

Rajin bėrsihkan bėnda-bėnda yang kėrap disėntuh tėrmasuk mainan anak.
Jauhi kontak dėkat sėpėrti mėncium, mėmėluk, atau bėrbagi pėralatan makan atau cangkir dėngan bėbėrapa orang yang lagi sakit flu singapura.

Sumber : http://www.medis-kesehatan.com
Loading...